Sabtu, 26 September 2015

LAZ Baitul Maal ABA Cabang Malang Berbagi Daging Qurban 1436 H

Malang - Al Hamdulillah, LAZ Bitul Maal ABA Cabang Malang telah selesai melaksanakan program "SEBAR HEWAN/DAGING QURBAN". Kita semua memahami bahwa Ibadah Qurban merupakan ibadah yang mulia, yang dimana ibadah ini adalah ibadah yang diperintah oleh Allah dalam jangka waktu sekali setahun. Hikmah daripada berkurban ini juga adalah dimana kita bisa saling berbagi dengan sesama serta orang-orang tidak mampu yang ada disekitar kita. Hal itulah yang coba untuk dimaksimalkan oleh LAZ Baitul Maal Abdurrahman Bin Auf Cabang Malang ketika mendapatkan amanat untuk mengumpulkan dan membagikan daging qurban dari para sohhibul qurban.
 

Program ini dilaksanakan atas kerjasama antara LAZ BM ABA Cabang Malang dan PP. Ibnu Abbas Malang. Sebagai penanggung jawab adalah mudir PP Ibnu Abbas, yakni Ust. Fajar Hariyanto. Pelaksanaan program dipimpin oleh ketua LAZ BM ABA Cab. Malang dengan dibantu oleh para relawan dan warga sekitar. Lokasi penyembelihan hewan qurban di PP Ibnu Abbas.

 Pada hari raya Qurban tahun 1436 H, panitia menerima hewan qurban berupa 6 ekor kambing dari Mudhohi dan 80 paket daging Qurban yang berasal dari beberapa masjid. Pelaksanaan pemotongan hewan qurban 1436 H, dilakukan pada Hari Jum’at, Tanggal 25 September 2015 Jam 07:00 – 14.00 (istirahat sholat jum’at) bertempat di PP Ibnu Abbas, Bumiayu, Malang. Sedangkan pendistribusian daging qurban dilakukan mulai setelah sholat ashar sampai menjelang Maghrib.
Pemotongan Hewan Qurban dilakukan oleh Mudhohi yang ingin memotong sendiri (Bapak Rijal dan bapak Udin), Mudhir PP Ibnu Abbas (Ust. Fajar) dan Relawan LAZ BM ABA (Bapak Dipta dan Bapak Gunawan). Penyembelihan dan perawatan hewan Qurban dibantu oleh para Relawan, Warga Pondok dan Masyarakat sekitar. Dari 6 ekor Kambing didapat 150 kantong paket qurban (Daging + Tulang) dengan besaran kisaran 5 ons daging perkantong. Daging Qurban dibagikan diantaranya kepada:
1.              Mudhohi @ mendapat 1 potong kaki kambing dan 5/10 paket
2.              Masyarakat dhu’afa sekitar pondok PP Ibnu Abbas : 30 paket
3.              Masyarakat dhu’afa  Jl. Klayatan Gg I, Malang : 20 Paket
4.              Masyarakat dhu’afa  Jl. Supriyadi Sukun : 10 Paket
5.              Masyarakat dhu’afa  Kacok, Malang : 10 Paket
6.              Masyarakat dhu’afa  Jl. Joyo Utomo : 15 Paket
7.              Masyarakat dhu’afa  GPA Ngijo : 10 Paket
8.              Masyarakat dhu’afa Jl Kapi Pramuja Sawojajar : 10 Paket
9.              Masyarakat dhu’afa Polowijen : 10 Paket
10.          Masyarakat dhu’afa  Jl. Tumenggung Suryo  : 20 Paket
11.          Masyarakat dhu’afa Jl. Kediri  : 15 Paket
12.          Relawan dan warga yang membantu : 25 Paket
Panitia berinisiatif kulit kambing diberikan kepada pihak PP Ibnu Abbas.

Demikian laporan pelaksanaan Qurban Idul Adha 1436 H., dengan harapan semoga kita semua, Bapak/Ibu/Saudara/i sebagai mudhohi maupun kami panitia pelaksana mendapat ridho dari Allah SWT. Amiin. Kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari berbagai pihak demi kesempurnaan kegiatan kami selanjutnya 














0 komentar:

Posting Komentar